Lampu

Ahhh, gilaaaaaa, gue lagi makan malah mati lampu, untung itu makanan nggak masuk ke lubang hidung gue

Trus lu ngutuk ngutuk PLN gitu yan? haha, nggak lah, PLN aman, mungkin aja ini masalah hujan berpetir sore-sore ini.


Apa yang gue lakuin selanjutnya? Ya terpaksa menggasak makanan gue ke ruangan tengah kosan gue. Maklum dikamar gue nggak ada penerangan yang memadai, cuma lampu dari HP, sedangkan di ruang tengah sudah terdengar keributan manggil manggil nama gue. Haha, super hero sih gue, ada kecoak lapor ke gue, ada yang butuh masangin lampu, lapor ke gue, kalau takut keatas sendirian jemur pakaian, juga lapor ke gue. Dan termasuk ini kalau tiba tiba lampu mati, yang diteriakin juga nama gue. Kagak ngerti lagi gue, mungkin mereka kira gue pawang kosan kali ya. Haha...
Gue mau liat sisi positifnya aja sih setelah tasya memberdirikan sepasang lilin di depan gue. Saat korek api dinyalakan dan membakar sumbu ke dua lilin tersebut , dan akhirnya gue mulai berfikir  ini romantis juga ternyata, kayak candle light dinner. Haha, resiko kejombloan tingkat kronis, suka berimajinasi yang nggak jelas
Selanjutnya, Mulailah gue melanjutkan makan makanan tadi dan tentunya sambil berimajinasi tentang lampu
Ini sedikit tentang lampu, dan apa saja yang lu bisa pelajari dari penemuan benda itu,

Penemu lampu siapa?
Yaaaaa,, benar thomas alfa edison. Haha, hafal banget, kalau nggak hafal, keabsahan gue lulus SD juga bisa diragukan

Trus thomas alfa edison itu siapa?
Yaaa,  benar dia manusia, dia itu manusia hebat yang lahir di milan, ohio, amerika serikat pada tanggal 11 februari 1847.

Lalu apalagi?
Thomas alfa edison itu merupakan seorang penemu yang paling produktif semasa hidupnya bayangkan jumlah hak paten atas namanya ada 1.093 yang artinya bola lampu yang biang kerusuhan sore sore ini hanya lah salah satunya. Penemuan penemunya yang lainya seperti  pendeteksi pesawat terbang, pengghancurkan periskop dengan senjata mesin, pendeteksi kapal selam, kapal kamuflase, fonograf, kinetoskop(nenek moyang perangkat pemutar film di bioskop), alat voting elektronik, mesin pemisah biji dan masih banyak lagi. Kalau di jelasin satu satu gue juga bisa bakal tua nulisnya. Haha, pertanyaanya, dian kapan jadi penemu kayak gitu? huaaaa, kapan ya?
Kalian pernah dengar ini nggak; “tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan”
Iyaaa, untuk orang sehebat thomas alfa edison hal itu juga berlaku

Ini adalah cerita kegagalanya untuk penemuan paling fenomenal yaitu penemuan bola lampu
Pada saat menemukan Lampu Pijar ini Thomas Alfa Edison mengalami kegagalan sebanyak 9.998 kali. Baru pada percobaannya yang ke 9.999 dia berhasil menciptakan lampu pijar yang benar-benar dapat menyala terang. Apa yang menjadi latar belakang keberhasilanya. Iya, itu yang disebut KEYAKINAN
Begini keyakinannya “saya pasti berhasil suatu saat nanti setelah saya habiskan semua kegagalan ini ”

Apa yang dia pelajari dari kegagalan dalam percobaanya dalam menemukan bola lampu?
“DENGAN KEGAGALAN TERSEBUT, SAYA MALAH MENGETAHUI RIBUAN CARA AGAR LAMPU TIDAK MENYALA
Wow, luar biasakan?

Asal kalian tau, Thomas alfa edison bukan seorang sarjana, boro boro sarjana malah thomas alfa edison merupakan seorang siswa yang pernah dikeluarkan dari sekolah karena selalu mendapat nilai buruk disekolahnya. Tapi kenapa dia bisa sehebat itu? iya, selain dia punya keyakinan yang kuat ternyata dia sangat tertarik sama tulisan tulisan ilmiah sehingga pada suatu saat thomas alfa edison akhirnya dibikinkan satu laboraturium percobaan kecil dirumahnya dari sanalah dia mulai bereksperimen
Keren, itu cerita singkat tentang thomas alfa edison. Sebenarnya masih banyak lagi ilmuwan ilmuwan yang kisah hidupnya bisa kita jadikan pelajaran salah satunya Louis pasteur, siapa itu louis pasteur, nanti yaaa,,,, yang pasti ini ada kenanganya. Cieee... Bapak bioteknologi ini bikin gue ngambil mata kuliah Bioteknologi semester ini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Saraf Pada Ikan

Filosofi barang antik